Visi Misi


VISI SEKOLAH

Menjadi sekolah unggul yang mampu menghasilkan generasi muslim yang mempunyai landasan aqidah yang lurus (salimul ‘aqidah), ibadah yang benar (shahiihul ibadah), dan berakhlka mulia (matiinul khuluuq), serta dibekali dengan teknologi yang unggul

 

MISI SEKOLAH

  1. Membangun dan menyelenggarakan sistem pendidikan yang komprehensif untuk menyiapkan lulusannya sebagai generasi muslim yang mempunyai landasan aqidah yang lurus (salimul ‘aqidah), ibadah yang benar (shahiihul ibadah), dan berakhlka mulia (matiinul khuluuq)
  2. Membentuk generasi yang berkarakter, cerdas , kreatif, santun dan berbudi luhur melalui pendidikan terpadu, seimbang dan berkelanjutan
  3. Menumbuhkan sikap dan jiwa kepemimpinan, kemandirian dan kepekaan sosial dalam integritas pribadi yang tangguh
  4. Menjadikan lembaga pendidikan yang modern dengan Digital School System sehingga kemudahan pelayanan pendidikan lebih maksimal

Karakteristik sekolah

  1. Robbaniyah (manhaj dan masdar) : Seluruh aspek dalam kurikulum pendidikan, sepenuhnya bersandarkan nilai-nilai robbaniyah yang terkandung dalam Al Qur’an dan Al-Hadist.
  2. Syamaliyah (sistem, arah dan muatan) : Kurikulum dikembangkan dan dibangun dengan memperhatikan segala aspek yang terkait dengan kehidupan, baik keseluruhan aspek manusia sebagai individu (akal, ruh dan jasad), maupun dalam kerangka hubungan individu dengan masyarakat, alam dan Sang Khalik. Kurikulum disusun secara terintegrasi tidak secara parsial, karena Islam tidak mengenal sistem pendidikan yang terpisah-pisah dan parsialistik.
  3. Marhaliyah (metode) : Metode pembelajaran yang dikembangkan seirama dengan fitrah perkembangan fisik dan psikis manusia, yaitu bervariasi, bertahap mengikuti perkembangan dan kematangan peserta didik secara alamiyah.
  4. Muruunah (penerapan) : Kurikulum yang disusun agar memperoleh hasil yang optimal, maka penerapannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang melatarbelakangi dan melingkungi obyek dan subyek pendidikan.
  5. Istimroriyah (keterlibatan para pelaku pendidikan) : Kurikulum dikembangkan dengan pendekatan ketrampilan proses yang mampu memberikan atmosfir positif terhadap para pelaku yang terlibat di dalamnya untuk senantiasa belajar secara terus menerus tidak mengenal usai sesuai prinsip long life education (belajar sepanjang hayat).
  6. Tanmawiyah (model, pola dan alat/peraga) : Kurkulum yang dikembangkan senantiasa memberikan peluang untuk melakukan perubahan kearah yang lebih maju, baik dari isi, metode, maupun sistem secara keseluruhan sejalan dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan dinamika masyarakat. Namun demikian perubahan tersebut tetap sejalan dengan nilai-nilai dan aqidah Islam.
  7. Fardliyah (sifat) : Islam mewajibkan setiap umatnya untuk menuntut ilmu, maka implikasinya kurikulum yang dikembangkan harus memberikan pemenuhan kebutuhan keilmuan para peserta didik. Semua pihak  yang terlibat di dalamnya harus mempersiapkan segala perangkat sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan peserta didik.

Facebook

Twitter

Instagram

Gallery Foto

Testimonial

  • PMB tahun 2017/2018 kuota masih ada gak ustadz?.. ( Joko Waluyo )

  • Kok gak update ya?.. ( Guest )

  • ciee.. tampilannya baru :D smoga makin bagus lagi dan makin update, terutama info tentang SMA-nya. jzk.. ( 3rd generation IC SHS )

  • SElamat, SMP INSAN CENDEKIA lulus 100%.. ( Afriyanto )