Sejarah Pendirian


 

 

SMA Insan Cendekia Sukoharjo dibangun atas kerja dengan Lembaga Pengembangan Sekolah Islam Unggul (LAPSIG) yang merupakan salah satu divisi pada ICMI Pusat. Sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang serba komputer dan digital, dan berbagai kemudahan telah diperoleh umat manusia berkat kemajuan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka Sekolah Insan Cendikia hadir menjawab dan mencoba memberikan solusi yang mencerahkan demi pembaharuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Konsep sekolah Insan Cendekia menekankan pada keunggulan pada IPTEK dan IMTAQ. Sekolah Insan Cendikia adalah model sekolah yang dicita-citakan oleh pelajar Indonesia sebagai mana dalam Visi dan Misinya yang mampu menjawab tantangan dunia dan mencetak kwalitas kelulusan yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai  makhluk Allah SWT, sebagai makhluk individu, dan sebagai makhluk sosial (anggota masyarakat setempat, daerah, nasional, internasional). Insan Cendikia menghasilkan kelulusan (Out put) mereka yang berimtaq (memiliki kecerdasan spiritual), beripteks (memiliki kecerdasan intelektual dan teknologi), berkepribadian Indonesia yang kuat (memiliki kecerdasan emosional Indonesia), sadar hukum, mencintai dan mempraktekkan keadilan, kebenaran, dan kedamaian, dan sehat jasmani.

Sistem pendidikan di Insan Cendekia tidak hanya menekankan pada aspek prestasi akademik semata, akan tetapi juga mendidik generasi muda untuk berakhlak mulia yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui disiplin yang tinggi terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah dan asrama, sanksi yang tegas, terukur, berkeadilan diharapkan mampu menciptakan pembiasaan yang terinternalisasi dalam jiwa murid untuk menjadi bekal baginya untuk terus memelihara akhlak mulia tersebut di kemudian hari. Sekolah Insan Cendikia mencoba memberikan solusi demi pembaharuan pendidikan Indonesia yang lebih baik, karena Sekolah Insan Cendikia tidak hanya berorientasi pada nilai kognisi semata namun juga menyeimbangkan antara ke-3 kecerdasan ditambah kecerdasan Teknologi Informasi yang nantinya mampu mencetak generasi perubah / pembeharu (Agent of Change) di Indonesia. 

Facebook

Twitter

Instagram

Gallery Foto

Testimonial

  • PMB tahun 2017/2018 kuota masih ada gak ustadz?.. ( Joko Waluyo )

  • Kok gak update ya?.. ( Guest )

  • ciee.. tampilannya baru :D smoga makin bagus lagi dan makin update, terutama info tentang SMA-nya. jzk.. ( 3rd generation IC SHS )

  • SElamat, SMP INSAN CENDEKIA lulus 100%.. ( Afriyanto )