Memaknai bulan Muharram 1435 H

Minggu, 17 November 2013 08:34:17 - oleh : admin

Rating: 3.9/10 (110 votes cast)

Bulan Muharram adalah bulan yang sangat agung yang di dalamnya terkandung makna dan keutamaan hakiki dalam rangka proses pembentukan pribadi-pribadi muslim. Itulah makanya salah satu yang dianjurkan di bulan ini adalah berpuasa sunah (Puasa Asyura) pada tanggal 10 Muharram. Lebih utama lagi jika berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram, dalam rangka menyelisihi orang-orang Yahudi dan Nasrani.


Hadist tentang keutamaan puasa di bulan ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (Muharram), dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib (lima waktu) adalah sholat malam”(HR. Muslim)


Bulan Muharram merupakan bulan yang mengawali tahun baru umat islam yang pada tahun ini adalah tahun 1435 Hijriyah. Dalam menyambut keutamaan di bulan Muharram, SMA Insan Cendekia Al Mujtaba Sukoharjo melaksanakan kegiatan untuk merevitalisasi kembali kaidah-kaidah dan esensitas bulan Muharram dalam proses pembentukan kepribadian anak didik, melalui sebuah kegiatan kajian keislamaan, yaitu melaksanakan puasa 10 Muharram, lomba cerdas cermat bidang keagamaan, kegiatan sosial kemasyarakatan, dalam bentuk mengajar dan pemberian bantuan bingkisan pendidikan ke Sekolah Dasar. Hal ini sangat perlu, sebagai implementasi kelimuan dan keagamaan peserta didik untuk berjiwa sosial, rendah diri serta pentingnya arti kebersamaan.


Berikut adalah rangkaian acara kegiatan bulan Muharram di SMA Insan Cendekia Al Mujtaba Sukoharjo :



  • Sholat Dhuha, tadarus dan tahfidz (Kegiatan Rutin)

  • Kajian Islam dengan judul “ Cinta dan Prestasi”  oleh Ustadz Sunary dari Islamic Center Surakarta

  • Lomba Cerdas Cermat (LCC) IMTAQ dan IPTEK untuk kelas X dan XI SMA

  • Praktek mengajar dan berbagi bingkisan pendidikan ke Sekolah Dasar Negeri I kadilangu Baki untuk kelas XII SMA



Suasana kajian keislaman oleh ustadz Sunary dengan judul Antara cinta dan prestasi, beliau memaparkan tentang bagaimana pergaulan remaja yang perlu di waspadai demi menyelamatkan akhlak sehingga siswa lebih berfokus pada pengembangan pendidikan agar dapat mengukir prestasi demi kesuksesan masa depannya.



Suasana LCC (Lomba Cerdas Cermat) yang semarak dengan menumbuhkan kompetisi bidang keilmuan IPTEK dan IMTAQ melalui ajang cerdas cermat bagi seluruh murid kelas 10 dan 11 SMA Insan Cendekia Al Mujtaba melalui 3 babak. Babak pertama adalah babak seleksi untuk seluruh murid SMA Insan Cendekia yang akan diambil 3 peserta terbaik dari setiap kelas untuk maju ke babak kedua.


1)      Kelas X-1 diwakili :  Jihan Nisrina Pradani, Tilmiidzah Salma Fathin, dan Sarah Izzatunnisa’


2)      Kelas X-2 diwakili : Aliefianov Bayuaji Anandaru, Hanif Muhammad Rifa’I  dan Ilham Rizki Basari


3)      Kelas X-3 diwakili : M Fadhilatulloh, Farafishoh Jauza Fatanannisa, dan Alfi Amalia Safri Suryani


4)      Kelas XI IPA dan IPS diwakili oleh : Ahamd Ilham Akbar , Agustin Amanda P, dan Mira Esti K.


Akhirnya dari hasil kompetisi dari babak ke II dan babak ke III dimenangkan oleh :



  1. Juara I adalah kelas XI IPA dan IPS

  2. Juara II adalah kelas X-2

  3. Juara Suporter kelas XI IPA dan IPS



Suasana Praktek mengajar kelas XII SMA IPA dan IPS di SDN I kadilangu Baki Sukoharjo yang tidak kalah seru, semua Murid SMA diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dengan mempraktekkan mengajar kepada murid kelas 4 dan 6 SD. Setelah selesai mengajar murid SMA insan Cendekia juga memberikan bingkisan pendidikan ke murid-murid SD.


“Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sesama”


“Sebaik-baiknya belajar adalah dengan mengajar”.



Sejalan dengan gerakan Indonesia mengajar. Pertama kalinya ada gerakan SMA IC Solo mengajar. Merupakan pengalaman yang luar biasa bagi seluruh murid SMA untuk praktek mengajar. (Kegiatan ini juga diliput oleh 2 koran besar di kota Solo yaitu Joglo Semar dan Solo Pos) yang dapat diakses melalui tautan http://joglosemar.co/2013/11/siswa-sma-praktik-mengajar.html dan http://www.solopos.com/2013/11/15/praktek-mengajar-465385


Semoga kelak ilmu yang diajarkannya dapat menjadikan ilmu yang bermafaat dan ladang amal jariyah.

Versi cetak


Artikel Terkait

Facebook

Twitter

Instagram

Gallery Foto

Testimonial

  • PMB tahun 2017/2018 kuota masih ada gak ustadz?.. ( Joko Waluyo )

  • Kok gak update ya?.. ( Guest )

  • ciee.. tampilannya baru :D smoga makin bagus lagi dan makin update, terutama info tentang SMA-nya. jzk.. ( 3rd generation IC SHS )

  • SElamat, SMP INSAN CENDEKIA lulus 100%.. ( Afriyanto )